Profil Sekolah

A.   ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

SMP PGRI Purwosari Pasuruan adalah salah satu sekolah swasta yang berada di kawasan lingkungan pedesaan yang masyarakatnya masih berlatar belakang agamis. Secara geografis SMP PGRI Purwosari yang terletak di wilayah kecamatan Purwosari bagian Barat yang berbatasan dengan kecamatan Sukorejo berada di sekitar kawasan Puncak Nirwana. Letak sekolah yang strategis tersebut memungkinkan SMP PGRI Purwosari mampu menjaring siswa baik yang berasal dari wilayah  di kecamatan Purwosari bagian Barat, kecamatan Sukorejo.
Secara Demografis orang tua siswa sebagian besar bermata pencarian sebagai petani dan peternak yang mampu memberikan dukungan yang kuat dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini  memungkinkan SMP PGRI Purwosari dapat berkembang lebih pesat. 
Kondisi perpolitikan dan keamanan dilingkungan Kabupaten Pasuruan pada umumnya sangat kondunsif dibawah kepemimpinan Bupati Pasuruan yang memiliki latar belakang pendidik yang cukup  sehingga banyak kebijakan pemerintah kabupaten yang mendukung suksesnya pendidikan di kabupaten Pasuruan. Di era globalisasi dan perkembangan iptek sangat menguntungkan bagi dunia pendidikan, hal ini mendorong suksesnya pendidikan di SMP PGRI Purwosari dalam mencapai prestasi pendidikan yang diharapkan sesuai sesuai Standar Nasional Pendidikan ( SNP ).

B.   ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Mutu pendidikan di negara kita saat ini masih belum sesuai dari harapan Pemerintah, salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah adanya Sekolah Standar Nasional ( SSN ).
SMP PGRI Purwosari yang merupakan sekolah sasaran Sekolah Standar Nasional ( SSN ) mulai tahun pelajaran 2007/ 2008 sudah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas IX saja yang masih memakai krrikulum 2004 dan saat ini pada tahun pelajaran 2012/ 2013 semua kelas sudah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP )
Proses Belajar Mengajar di SMP PGRI Purwosari berjalan sesuai sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan ( SNP ), yang didukung oleh Guru yang berkualifikasi pendidikan S1 ( sarjana strata satu ) Keguruan, 95 % Guru mengajar sesuai dengan bidangnya, Kepala sekolah berkualifikasi pendidikan S2 bidang Pendidikan.
C.   ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG 

Dari kondisi nyata saat ini diharapkan 4 tahun mendatang :
1.  Tercapai Standar Kurikulum di sekolah 80 %  memenuhi Standar Nasional Pendidikan ( SNP ).
2.  Tercapai Standar PBM 100 % memenuhi  Standar Nasional Pendidikan (SNP).
3.  Tercapai Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan ( SNP ).
4.  Tercapai  Standar Kelulusan 95 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
5.  Tercapai  Standar Fasilitas 95 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
6. Tercapai  Standar Pengelolaan 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
7. Tercapai  Standar Pembiayaan 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
8.  Tercapai  Standar Penilaian 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).