A. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS
SMP
PGRI Purwosari Pasuruan adalah salah satu sekolah swasta yang berada di kawasan
lingkungan pedesaan yang masyarakatnya masih berlatar belakang agamis. Secara
geografis SMP PGRI Purwosari yang terletak di wilayah kecamatan Purwosari
bagian Barat yang berbatasan dengan kecamatan Sukorejo berada di sekitar
kawasan Puncak Nirwana. Letak sekolah yang strategis tersebut memungkinkan SMP
PGRI Purwosari mampu menjaring siswa baik yang berasal dari wilayah di kecamatan Purwosari bagian Barat, kecamatan
Sukorejo.
Secara Demografis orang tua siswa sebagian besar bermata
pencarian sebagai petani dan peternak yang mampu memberikan dukungan yang kuat
dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini
memungkinkan SMP PGRI Purwosari dapat berkembang lebih pesat.
Kondisi perpolitikan dan keamanan dilingkungan Kabupaten
Pasuruan pada umumnya sangat kondunsif dibawah kepemimpinan Bupati Pasuruan
yang memiliki latar belakang pendidik yang cukup sehingga banyak kebijakan pemerintah kabupaten
yang mendukung suksesnya pendidikan di kabupaten Pasuruan. Di era globalisasi
dan perkembangan iptek sangat menguntungkan bagi dunia pendidikan, hal ini
mendorong suksesnya pendidikan di SMP PGRI Purwosari dalam mencapai prestasi
pendidikan yang diharapkan sesuai sesuai Standar Nasional Pendidikan ( SNP ).
B. ANALISIS KONDISI
PENDIDIKAN SAAT INI
Mutu pendidikan di
negara kita saat ini masih belum sesuai dari harapan Pemerintah, salah satu
upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah adanya Sekolah Standar
Nasional ( SSN ).
SMP PGRI Purwosari yang merupakan
sekolah sasaran Sekolah Standar Nasional ( SSN ) mulai tahun pelajaran 2007/
2008 sudah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas IX
saja yang masih memakai krrikulum 2004 dan saat ini pada tahun pelajaran 2012/
2013 semua kelas sudah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP
)
Proses
Belajar Mengajar di SMP PGRI Purwosari berjalan sesuai sesuai dengan Standar
Nasional Pendidikan ( SNP ), yang didukung oleh Guru yang berkualifikasi
pendidikan S1 ( sarjana strata satu ) Keguruan, 95 % Guru mengajar sesuai
dengan bidangnya, Kepala sekolah berkualifikasi pendidikan S2 bidang
Pendidikan.
C. ANALISIS KONDISI
PENDIDIKAN MASA DATANG
Dari
kondisi nyata saat ini diharapkan 4 tahun mendatang :
1. Tercapai Standar Kurikulum di sekolah 80 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan ( SNP ).
2. Tercapai Standar PBM 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
3. Tercapai Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 100 %
memenuhi Standar Nasional Pendidikan ( SNP ).
4. Tercapai Standar
Kelulusan 95 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
5. Tercapai Standar
Fasilitas 95 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
6. Tercapai Standar
Pengelolaan 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
7. Tercapai Standar
Pembiayaan 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
8. Tercapai Standar
Penilaian 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).